BREAKING NEWS

Rabu, 21 November 2012

Sawit Masuk Pagai



Saalei Sura Mentawai, Rencana perkebunan sawit di Kecamatan Pagai Utara desa Betumonga tanggal 15 September 2011 Oleh PT. Rajawali Anugerah Sakti Mendapat Perlawanan Dari Dari Warga Dengan Melakukan Penyanderaan Motor Perusahaan Saat Melakukan Survei Lokasi Sawit.
Luas Izin Lokasi perkebunan sawit di Pagai Utara dan Sipora Selatan ini 14.000 Hektar. Penyanderaan ini dilakukan warga karena pihak perusahaan masuk di dusun-dusun tanpa meminta izin kepada warga setempat.

Hingga berita ini disampaikan, warga desa betumonga sudah membuat perjanjian dengan perusahaan untuk tidak melakukan aktivitas perusahaan sawit di Desa Betumonga.
Tak cukup sampai disitu, warga di dusun betumonga timur dan betumonga barat diwakili Ignasius didampingi Komunitas Masyarakat Cinta Mentawai telah menyerahkan langsung surat penolakan kepada Bupati mentawai pagi tadi melalui perwakilan dusun Ignasius.

Darmantius Saogo, Kepala Dusun Abanbaga, Desa Sinaka, Kecamatan Pagai Selatan Juga Melaporkan bahwa masyarakatnya pada tanggal 5 Agustus 2012, telah melakukan penyanderaan tiga unit motor milik perusahaan PT.Swasti Siddi Amagra.
Penyenderaan ini bermula ketika Perusahaan PT. Swasti Siddi Amagra Melakukan Survei Lokasi sawit Di Dusun Abanbaga dan Bubuget. Saat Tim Perusahaan Mau Pulang, warga melakukan penyanderaan 3 unit motor yang dikenderai orang Perusahaan.
Penyanderaan motor oleh warga dilakukan sebagai bentuk penolakan perkebunan sawit. Hingga pada tanggal 12 Agustus 2012 Perusahaan PT.Swasti Siddi Amagra Dengan Warga Dusun Abanbaga Telah Membuat Surat Perjanjian Untuk Tidak Melakukan Aktivitas Apapun di Abanbaga.
Surat perjanjjian tersebut ditandatangani Bram (Humas Perusahaan), Darmantius (Kadus Abanbaga) diketahui oleh Kepala Desa Sinaka Tarzan Samaloisa.
28 Hari setelah surat perjanjian disepakati, tanggal 9 September PT. Swasti Siddi Amagra Kembali Menyurati Masyarakat Abanbaga Melalui Kepala Dusun dengan Menjalin Komunikasi Yang Baik dan pihak perusahaan bias melakukan sosialisasi rencana pembukaan lahan sawit.
Hingga berita ini disampikan Kadus Abanbaga tidak merespon surat yang ditujukan kepada warga dusun abanbaga.

Created By : Pinda Simanjuntak;Yayasan Citra Mandiri Mentawai

Share this:

Posting Komentar

 
Back To Top
Distributed By www.surafm.com | Designed By OddThemes