DANDIM 0319 CUP II DARI MENTAWAI

Kejuaraan karate Dandim II resmi dibuka oleh Komandan Kodim 0319 Mentawai Letkol TNI Yosaffat di Muara Siberut kecamatan Siberut Selatan tanggal 12 sampai 14 juli 2012. Kejuaraan tersebut merupakan agenda rutin tahunan Federasi Olah ragaKarate Indonesia (FORKI) Pengurus Cabang Mentawai ,diikuti lebih kurang 114 orang Karateka dari seluruh lembaga karate dan dojo yang ada di Mentawai Seperti, Lemkari, Wadokai serta Gokasi.

“Sebenarnya Mentawai mempunyai banyak atlit yang berpotensi di berbagai cabang olahraga terutama beladiri seperti karate. Pasalnya, orang Mentawai mempunyai stamina serta fisik yang bagus. Untuk itu, perlu pembinaan serta kejuaraan guna melatih mental serta tekhnik agar atlit Mentawai tidak demam panggung mengikuti kejuaraan yang lebih besar seperti tingkat provinsi, nasional maupun internasional. Walaupun sering latihan dan menghasilkan teknik yang bagus tanpa adanya kejuaraan untuk membuktikan teknik tersebut percuma saja,” ujar Dandim.

Lebih jauh dikatakan, “ Kejuaraan Dandim Cup II ini merupakan agenda rutin tahunan Pengurus cabang FORKI Mentawai. Dimana, kejuaraan ini diikuti oleh seluruh Lembaga karate yang ada. Tujuannya, Selain menjalin silaturrahmi sesama karateka, juga merupakan sarana mencari bibit dalam meningkatkan kualitas serta seleksi atlit karate Mentawai guna mengikuti Pekan olah raga provinsi(Porprov) nanti,” kata Yosaffat .

Hal senada di sampaikan Petrus sutrisno, ketua panitia Dandim Cup II,” Agar atlit karate bisa berprestasi di tingkat propinsi dan membawa harum nama Kabupaten Mentawai di tingkat propinsi perlu dilakukan seleksi dan pembinaan dari sekarang. Untuk itu, pengcab Forki mengadakan kejuaraan tahunan ini biar tidak ada kesan asal comot dan pilih atlit saja serta sebelum mengikuti kejuaraan yang lebih besar perlu dilakukan pembinaan serta pelatihan khusus agar bisa meraih hasil yang maksiamal,” Ungkapnya.

Walaupun dalam kondisi kurangnya perhatiaan Pemda Mentawai terhadap pembinaan atlit karate namun dengan semangat ingin maju dan membawa harum nama Mentawai, kejuaraan Dandim 0319 Mentawai cup II ini tetap bisa dilaksanakan. Dengan kerja sama dan bantuan seluruh unsur yang ada di kabupten ini. Pembinaan serta perkembangan olah raga yang ada akan maju pesat dan setiap kejuaraan selalu membawa nama Mentawai, agar atlit bisa berprestasi dan mengharumkan nama mentawai di kancah olah raga baik lokal, provinsi nasional maupun internasional nantinya.

“Dengan semangat dan kesamaan tujuan seluruh panitia tetap melaksanakan kejuaraan ini walau dengan anggaran yang sangat minim. Untuk itu, diminta kepada Pemda Mentawai agar bisa memperhatikan dan memfasilitasi atlit yang ada di Mentawai teruma atlit karate yang pernah membawa harum nama Mentawai dengan menyumbang kan satu medali pada Porprov 2010 lalu.

Pasalnya, selama mengikuti kejuaraan baik didalam Kabupaten maupun diluar Mentawai, perhatian Pemda sangat kurang terhadap atlit. Serta diminta kepada Pemda, terutama Dinas terkait agar mau memperhatikan perkembangan olah raga di Mentawai karena tanpa bantuan serta pembinaan bersama seluruh unsur yang ada maka perkembangan olah raga akan lambat dan atlit sulit berprestasi mengharumkan nama Mentawai,” harap Trisno mengakhir

0 comments:

Poskan Komentar

 

Sekilas Wajah

Radio Sura' Mentawai adalah Radio Swasta pertama di Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat Dengan Coverage Area Siar meliputi seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan sebagian wilayah Sumatera Barat adapun Format Siarannya news,hiburan dan Local Content.

Info

Info

Meet The Author

(0759) 320760 sura.radio@yahoo.com 25392 Tuapeijat,Mentawai, Indonesia