BREAKING NEWS

Selasa, 24 Juli 2012

8 Tuntutan Anak Indonesia kepada Pemerintah

Sebanyak 400 anak dari seluruh Indonesia mengikuti Kongres Anak Indonesia XI Tahun 2012 di Kota Batam dari tanggal 9 hingga 14 Juli 2012. Dari kongres tersebut, dirumuskan delapan butir tuntutan dari anak Indonesia kepada pemerintah RI.

Sedianya, Hari Anak Nasional di peringati hari ini, namun karena padatnya jadwal presiden, perayaan tahunan itu pun ditunda menjadi bulan September 2012. Komnas PA kecewa atas ditundanya perayaan tersebut. Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait menilai hal itu jadi bukti rendahnya komitmen pemerintah terhadap anak Indonesia.

Delapan tuntutan tersebut dibacakan oleh dua perwakilan Kongres Suara Anak Indonesia, yaitu Berlinda Nefertiti Goldy (Duta Pendidikan dari Jawa Barat dan I Gede Reza (Duta Kesehatan dari Bali). Tuntutan tersebut dibacakan di kantor Komnas PA, Jl. T.B. Simatupang.

Berikut delapan tuntutan anak Indonesia kepada pemerintah.

  1. Kami anak Indonesia mengusulkan kepada pemerintah agar pendidikan tentang kesehatan reproduksi remaja dimasukan dalam kurikulum pendidikan serta meningkatkan pengawasan terhada pornografi.
  2. Kami anak Indonesia meminta kepada pemerintah untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik, pemerataan fasilitas pendidikan, menyediakan program wajib belajar 12 tahun secara gratis agar tercipta pemerataan kualitas pendidikan bagi seluruh anak Indonesia tanpa diskriminasi.
  3. Kami anak Indonesia mengusulkan agar pemerintah melakukan pemerataan fasilitas. Sarana dan prasarana (listrik, transportasi, komunikasi) khususnya di daerah terisolir agar anak-anak yang terisolir dapat berinteraksi dengan teman-temannya yang berada di daerah lain.
  4. Kami anak Indonesia memohon kepada pemerintah untuk membangkitkan kembali permainan tradisional dan edukatif Indonesia, serta mengawasi secara ketat pengaksesan game online dan siaran media elektronik yang tidak layak untuk anak.
  5. Kami anak Indonesia memohon kepada pemerintah untuk meningkatkan pengawasan yang lebih ketat terhadap segala bentuk peredaran narkotika, psikotropika, miras dan zat adiktif lainnya, termasuk rokok sebagai bentuk perlindungan terhadap anak.
  6. Kami anak Indonesia memohon agar pemerintah menyediakan layanan internet gratis khusus untuk anak-anak (mobil internet, rumah internet, user ID khusus anak) agar anak-anak di seluruh Indonesia saling terhubung.
  7. Kami anak Indonesia memohon agar pemerintah dan masyarakat turut mendukung terpenuhinya hak partisipasi anak tanpa diskriminasi.
  8. Kami anak Indonesia memohon agar pemerintah menindaklanjuti dan mengimplementasikan Suara Anak Indonesia dalam pengambilan kebikakan terkait anak.
sumber : kompas.com

Share this:

Posting Komentar

 
Back To Top
Distributed By www.surafm.com | Designed By OddThemes