BREAKING NEWS

Sabtu, 01 Januari 2011

YCMM = Sandang Paruhum


Perjalanan panjang YCMM (Yayasan Citra Mandiri Mentawai) takkan bisa dilepaskan dari nama Sandang Paruhum Simanjuntak, Direktur YCMM dua periode (2006 – 2008 dan 2008 & 2010).
Mantan koordinator aksi-aksi lapangan YCMM ini telah meletakkan dasar-dasar organisasi masyarakat adat yang terwujudkan dalam AMA-PM (Aliansi Masyarakat Adat-Peduli Mentawai). Tahun 2010 ini Sandang meletakkan jabatannya sebagai Direktur YCMM dan minta kader lainnya meneruskan. “Saya rindu lapangan,” katanya pada wartawan Puailiggoubat Gerson Merari Saleleubaja dalam wawancara khusus awal Maret lalu.


Selama menjadi direktur di Yayasan Citra Mandiri Mentawai apa saja program lembaga yang telah tercapai?
Sebagai program utama yakni Aliansi Masyarakat Adat Peduli Mentawa (AMAPM) sebagai wadah perjuangan masyarakat Mentawai untuk mendapatkan kedaulatannya di bidang ekonomi, sosial budaya dan politik telah terbentuk. AMAPM juga sudah berhasil melakukan Kongres II dan melakukan kritik kebijakan pemerintah yang mengabaikan kepentingan masyarakat.
Organisasi yang kita gagas itu juga sudah punya wadah ekonomi yang dilengkapi dengan sarana seperti koperasi sebagai model ekonomi kerakyatan yang bertujuan meningkatkan kehidupan ekonomi anggota secara khusus dan masyarakat Mentawai secara umum, juga untuk mendukung gerakan AMAPM ke depan.
Lembaga juga berhasil melakukan kegiatan penguatan identitas budaya dengan riset dan pagelaran yang diikuti oleh masyarakat Mentawai. Publikasi mengenai budaya juga gencar kita lakukan untuk menyadarkan kembali masyarakat bahwa mereka punya budaya yang unik dan tak perlu malu untuk itu. Sudah mulai muncul persepsi bahwa budaya Itu penting. Indikatornya mahasiswa Mentawai dan Pemerintah Kabupaten Mentawai mau melakukan pagelaran budaya Mentawai.

Apa yang belum dicapai ?
Sebagai wadah perjuangan masyarakat Mentawai, AMA-PM diharapkan sebagai fokus gerakan namun itu belum terjadi secarah utuh. Masih ada anggota yang belum ngerti kemana perjuangan ini diarahkan dan buat apa. Ini menjadi sebuah kendala, karena kegiatan akan berulang dan dimulai lagi pada penyadaran sehingga berputar dalam lingkup itu saja.
Penyebaran kekuatan masih timpang, di satu daerah gerakan perjuangan berlangsung tapi di daerah lain kegiatan vakum. Ini yang perlu dibenahi agar masyarakat semakin paham bahwa AMA-PM ini penting dan sebagai milik mereka.
Basis-basis ekonomi yang dikerjakan selama ini belum berjalan maksimal, perlu pendampingan yang lebih intens lagi agar usaha bisa sukses. Perlu strategi baru agar program yang ada di AMA-PM mengikat anggota sehingga muncul kesadaran bahwa AMA-PM itu diri mereka.
Masih perlu membangunan orang-orang di AMA-PM yang militan agar tujuan Mentawai yang berdaulat secara ekonomi, sosial, budaya dan politik tercapai. Namun saya yakin itu akan terwujud dengan berbagai usaha dan keyakinan diri bahwa itu bisa dilakukan.

Apa kendalanya sehingga proses pencapaian program itu lamban?
Pertama sumber daya manusia di lembaga terbatas sedangkan tuntutan program banyak, itu mungkin kendala internal. Sedangkan faktor eksternalnya ada di masyarakat, ada trauma organisasi di masyarakat sehingga ragu bergabung di AMA-PM.
AMA-PM juga masih dipandang pemerintah atau sebagian pihak sebagai lawan yang bisa menghambat pencapaian kepentingannya, padahal pola pikir seperti itu tidak benar. Selagi berjalan di garis memperjuangkan dan memajukan Mentawai AMA-PM adalah partner perjuangan bersama.

Kesan Anda selama memimpin?
Banyak, kadang di lembaga ada kawan-kawan yang malas harus kita bela di depan dewan pengurus sehingga teman-teman yang rajin berontak. Namun itu semua dinamika yang terus dibenahi untuk menggalang kekuatan lembaga yang lebih besar

Apa harapan Anda kepada Direktur YCMM yang baru?
Tetap konsen kepada visi dan misi lembaga, dan terus mencari model-model baru dalam gerakan untuk mencapai tujuan. Melalui proses pembelajaran yang terus menerus membuat YCMM makin militan berjuang di tengah masyarakat Mentawai. Yang jelas kita punya potensi besar, mari kita gali potensi itu, tetap semangat, yakinkan diri bahwa apa yang kita lakukan adalah benar.

Pendapat khusus lainnya?
Saya bangga perempuan Mentawai bisa memimpin lembaga ini, itu bvukti bahwa YCMM berhasil membangun sumber daya manusia yang mumpuni.

Biodata
Tempat/tgl lahir: Sipiongot, 5 Juli 1974
Pekerjaan: Direktur Radio Sura' Mentawai FM
Alamat: Tuapeijat, Sipora Utara








Sumber :http://www.puailiggoubat.com/index.php?kanal=tokoh&id=5804

Share this:

Posting Komentar

 
Back To Top
Distributed By www.surafm.com | Designed By OddThemes